Profile of TariSeling

Avatar
About Me:

Makanan Khas Kalimantan Selatan Terenak

Kamu sedang berada di daerah Kalimantan Selatan? Hari yang menyenangkan untuk mencicipi berbagai kuliner khas di sana. Kalimantan Selatan bukan hanya terkenal akan kawasan pesisir pantainya yang indah, namun banyak kuliner khas Kalimantan yang cocok dinikmati bersama keluarga. Beragam menu makanan khas Kalimantan Selatan mulai dari yang berkuah, bercita rasa manis sampai gurih siap memanjakan lidah. Sekilas kuliner Kalimantan Selatan mirip dengan makanan khas Pontianak, namun jangan salah kedua daerah tersebut punya cita rasa kuliner yang otentik dengan penyajian yang menarik. Untuk itu, simak ulasan lengkap apa saja makanan khas tersebut dalam artikel berikut ini.

Highlight: Kuliner Khas Kalimantan Selatan Serta Tradisi Unik Makan Bersama

1. Ikan Patin Baubar

Makanan khas Kalimantan Selatan yang wajib banget kamu cicipi saat pertama kali singgah di kota ini adalah Ikan Patin Baubar. Dimana Ikan ini diolah dengan dipotong-potong, dipepes lalu diberi bumbu khusus kemudian dibakar. Cita rasanya yang khas dan kaya akan rempah menjadikan kuliner ini jadi favorit semua orang. Tidak cukup sampai disitu, aroma daun pisang yang khas juga bakal bikin kamu tergoda untuk segera menyantapnya. Ikan Patin Baubar akan semakin terasa nikmat ketika disantap bersama nasi hangat.

2. Nasi Kuning Banjar

Hidangan khas Kalimantan Selatan ini merupakan salah satu kuliner yang banyak ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia, Nasi Kuning Banjar. Makanan khas Kalimantan Selatan yang dihidangkan dengan lauk bumbu merah, daging ayam, bebek juga ikan. Cita rasanya yang khas dan pastinya mengenyangkan membuat kuliner khas satu ini jadi favorit semua kalangan. Uniknya lagi, Nasi Kuliner khas Banjar ini memiliki warna yang tidak terlalu terang seperti nasi kuning Jawa. Jadi, ketika berkunjung ke Kalimantan sempatkan waktu mencoba kelezatan nasi kuning satu ini.

3. Mandai

Bagi kamu pecinta buah cempedak, sekarang adalah saatnya untuk mencicipi olahan dari kulit buah cempedak, yaitu Mandai. Kuliner Kalimantan Selatan ini merupakan kulit buah cempedak diawetkan menggunakan garam, lalu disimpan selama beberapa saat sehingga rasanya menjadi asam. Semakin lama Mandai disimpan maka rasa asamnya akan lebih terasa. Cita rasa mandai yang khas cocok disantap bersama nasi hangat dan menjadi lauk di segala macam suasana.

4. Gangan Paliat

Makanan khas Kalimantan Selatan selanjutnya yang juga tidak boleh terlewatkan adalah Gangan Paliat. Gangan Paliat merupakan olahan khas Kalimantan Selatan yang menggunakan ikan baung untuk bahan dasarnya. Sekilas olahan ikan ini hampir mirip tampilannya dengan opor, hanya saja tekstur kuah Gangan Paliat lebih kental. Perpaduan cita rasa gurih dan tekstur lembut ikan menjadi kan Gagang Paliat akan terasa makin nikmat saat disantap bersama nasi hangat.

Inspirasi: Kuliner Khas Kalimantan Barat yang Tidak Boleh Dilewatkan, Nikmat!

5. Ketupat Kandangan

Selain Gangan Paliat, makanan khas Kalimantan Selatan ini juga hampir mirip dengan opor, Ketupat Kandangan. Seperti namanya, makanan enak dari Kalimantan Selatan ini menyajikan hidangan dengan bahan ketupat. Sedangkan untuk lauk biasanya menggunakan telur atau daging ikan. Agar makin terasa nikmat, kamu dapat menikmati Ketupat Kandangan bersama sambal acan. Perpaduan rasa yang khas dan pastinya nikmat bakal bikin perut kenyang dan tidak ingin berhenti mengunyah.

District Gaibandha
Seat Gaibandha-4